Thursday 16 October 2014

Sekilas Pandangan Mata Untuk Besitang

Di Koran Minggu Pagi, dulu waktu masih remaja, saya suka sekali mencari perbedaan di dua gambar yang hampir mirip. Sekilas sama, tapi ada beberapa items yang terletak perbedaan-perbedaannya. Biasanya berjudul "temukan 5 perbedaan pada gambar di bawah ini".

Setelah dewasa (baca: tua), sekarang sukanya iseng mencari perbedaan penampakan di beberapa citra satelit. Terutama di lokasi-lokasi yang emang "HOT" menjadi langganan perubahan tutupan lahan. Karena dulu pernah kerja untuk Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), maka BESITANG adalah lokasi HOT tersebut. Di tahun 1990, kawasan hutan di Besitang masih ijo royo-royo. Hingga datanglah permasalahan yang sangat komplek, rumit, pelik, sulit bahkan menegangkan (kawan-kawan di TNGL pasti paham akan hal ini). 

Tahun 2004, karena keelokannya TNGL masuk dalam list Warisan Dunia. Tak lama waktu berlalu, sudah masuk dalam Danger List di 2011. Salah satu sebab utamanya ya Perambahan Hutan dan Illegal Logging. Hingga kini, upaya-upaya pengembalian status Warisan Dunia terus diusahakan. Pemerintah dibantu oleh pihak NGOs, UN, Swasta hingga masyarakat bahu-membahu memulihkan statusnya.

Namun demikian, terlepas dari itu semua sebagai tukang iseng melihat yang hot-hot, kemaren sore iseng download Landsat 8 tahun 2014 yang tersedia gratis di USGS. Sementara saya sudah ada Landsat 5 tahun 2009. 


Mulai deh cari-cari mana yang beda. Dalam kurun waktu 5 tahun, nampak sekali perubahan dasyat dari hutan ke non hutan (lihat 3 lingkaran dalam gambar). Dalam hal ini saya sendiri gak punya kapasitas untuk banyak ngemeng. Para ahli hutan, ahli kebijakan, ahli hukum dan ahli segala-galanya  pastinya lebih mengerti.

Sebagai tambahan informasi, bisa dilihat kedasyatan perubahan Besitang pada gambar dibawah ini:


Demikian sekilas pandangan mata saya untuk Besitang, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Pesan untuk para mahasiswa, menarik loh bikin skripsi/thesis/desertasi di Besitang!

Salam Peta
XOXO

3 comments:

  1. nambah bersih nampaknya >_<) *hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu, demikianlah. Kayak tarawih di bulan puasa, makin mendekati lebaran makin bersih jamaahnya

      Delete
  2. Where can i download the official polygons of national parks and protected areas of Indonesia?.
    Thanks

    Fran

    ReplyDelete

P O P U L A R