Wednesday 16 April 2014

Download Image Resolusi Tinggi dari "New Google Maps" Menggunakan ScreenGrab (Bagian 2)

Sejak Maret 2014, tools "Customize and Preview Embedded Map" menghilang dari Google Maps. Hal ini saya ketahui dari seorang pembaca Tukang Peta yang menanyakan kenapa ga bisa download image dari Google lagi (Terimakasih buat Mas Ajun Purwanto). Setelah saya cek memang benar demikian adanya. Agak panik juga jadinya, karena bagi saya tools "Customize and Preview Embedded Map" ini sangatlah sakti  keberadaannya. Mulailah saya utak-utek Google Map, searching sana-sini. Dan hanya menemukan DIALOG INI.

Setelah saya coba-coba, akhirnya ketemu juga caranya, yaitu :
1. Pastikan anda mempunyai akun di Google dan telah meng-install Screengrab
2. Buka Google Maps : https://maps.google.com/

3. Klik "My Places"


4. Zoom wilayah yang ingin anda download (sebagai contoh saya akan mendownload wilayah Waduk Sermo di Kulon Progo)
5. Klik "Create with classic My Maps"




6. Isilah Title dan Description


7. Mulailah membuat beberapa Point of Interest (gak perlu banyak-banyak)


8. Klik "Done"
9. Sign Out Google, kemudian Sign In kembali
10. Cek di "My Places". Akan muncul folder yang kita bikin tadi. Klik folder "Sermo"

11. Klik link. Tadaaaaaaaaaaa....tools sakti "Customize and Preview Embedded Map" itupun akan muncul kembali.


12. Custommize map size sesuai kebutuhan. Klik icon Screengrab - Save - Complete Page/Frame.


13. Selesai! Image Resolusi tinggi-pun sudah dalam genggaman!


64 comments:

  1. Mantab.. trima kasih bnyk infonya gan..

    ReplyDelete
  2. sama-sama, senang bisa membantu

    ReplyDelete
  3. Makasih mbak Rina baru sempat buka lagi ne... masih banget entar saya coba...

    ReplyDelete
  4. Mbak Rina Terima Kasih Banget dah Berhasil saya coba ..Than'k ya mbak...!!

    ReplyDelete
  5. sama-sama, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Mbak Gimana kalau google mapsnya menggunakan tampilan yang baru?

    ReplyDelete
  7. Halo Abu Ghozy :
    Iya. Ini yang saya bahas memang lah cara untuk google maps yang baru. Intinya kita harus bikin Point of Interest di My Places

    ReplyDelete
  8. Bagaimana agar image tersebut memiliki georeference?
    apakah ada link tutorial?

    ReplyDelete
  9. Kok gak bisa ya... Mas tolong simpan peta surakarta dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surakarta-nya bagian mana aja nih? (maaf telat balas)

      Delete
  10. malam... saya mau nanya bagaimana cara menyeleksi warnapada google earth untuk membedakan suatu vegerasi. contohnya saya ingin mengetahui sebaran terumbu karang yang masih hidup dan yang sudah mati, dengan cara digital number.. saya belum mengerti sama sekali... dan mohon bantuannya soalnya saya lagi penyusunan skripsi.. terima kasih sebelumnya dan mogon balasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ass. mabak tidak mucul pilihan "Create with classic My Maps", gimana cara memunculkanya? tolong di jelaskan.....

      Delete
  11. Halo Mbak Eli. Untuk image yang dari Google Earth ini kan cuma dalam format JPEG. Untuk kebutuhan analisa dengan digital number diperlukan Raw Data asli dari satellite imagery.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau misalnya saya ingin memisahkan warnanya doang gmana mbak??misalnya warna hijau muda itu adlh lamun, trus saya mengelompokan warna hijau muda smuanya adlh lamun.. kata dosen saya bisa....huhuu...saya juga niatnya pengen ngambil data dari satelit yg ada aja,, tapi beliau nyaranin coba-coba ngambil data dari google eart buat pemetaan sebaran perairan dangkal...mohon pencerahannya mbak

      Delete
    2. Kalau gitu didigitasi secara manual aja. Di-georeference dulu image dari google earth nya. Baru deh didigit berdasar perbedaan warna, pola, dsb

      Delete
    3. tapi kan saya mau memetakan mengenai perairan dangkal,,kan disana pasti ada ekosistem kaya terumbu karang, pasir, kerang"an....bakal keliatan ga ya mbak??hehe

      Delete
    4. Kalau boleh tau perairan dangkalnya dimana? Karena belum semua wilayah di Google earth sudah terupdate menggunakan citra satelit beresolusi tinggi

      Delete
  12. pulau biawak di indramayu mbak...kata dosen saya jadi nanti saya menggunakan metode water column correction....saya juga masih bingung mbak...kan klo langsung dari google earth ga ada metadata nya ya???trus,, sekalian saya minta no hp, line , atau pin bb mbak dong mbak...email saya elinurlaeli46@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. Trim's infonya ...tapi file gambarnya kecil ya mbak, apa nanti klo di print out besar gambanya bisa maksimal.

      Delete
    2. Tergantung kamu save ukuran customize-nya. Bikin yang maksimal. Tapi jangan sampai gambar pecah

      Delete
  14. Mau tanya ya Mbak kalau untuk penentuan skala pada petanya gimana misalnya gambar yg saya ambil di ukuran Customize sebesar 2500 x 2500

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Usep. Kalo nanti gambarnya sudah di-georeference, otomatis muncul skala kok

      Delete
  15. mba, saya mau nanya... kenapa saya gak bisa simpan gambarnya dengan menggunakan screengrab yah..?

    ReplyDelete
  16. Saya punya lokasi di (0.60973,99.878998), citra nya kok jelek banget ya. Gimana ya cara ngedapetin yg resolusi tinggi?? Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Fahmi, barusan saya cek lokasinya, nampaknya lokasi tersebut belum diupdate image hires oleh google :)

      Delete
    2. Coba Gunakan Map downloader

      Delete
  17. Mbak Rin, gmna cara unduh peta sluruh kota (misal: surabaya) tpi klo di-zoom detil jln n gang tetep bsa ada smua, brapa setinugan ukuran (size) yang cocok ya? matur kasuwun...
    Cak ipuL, surabaya

    ReplyDelete
  18. Mbak Rin, gmna cara unduh peta sluruh kota (misal: surabaya) tpi klo di-zoom detil jln n gang tetep bsa ada smua, brapa setingan ukuran (size) yang cocok ya?
    Cak ipuL, surabaya. Tolong krim ke ifoel.af@gmail.com, matur nuwun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks a lot mbak...

      Delete
    2. mbak aku nemu trik cara nyambungin banyak peta-peta hasil screengrab/screenshot tuk merekonstruksi peta (seluruh kota-misalnya-seperti tanyaanku di awal) secara detil, tapi tutorialnya aku belum paham.
      nih link site-nya mbak (http://www.khairilthegreat.web.id/2012/09/menggabungkan-screenshot-peta-google.html)
      plis help me..
      cak ipuL

      Delete
    3. Iya, sudah aku lihat blognya, bagus tuh sebenarnya. Cuma aku ga ngerti gimana mengartikan nya. Barusan aku nanya kawan kantor yang ngerti bahasa pemrograman aja dia bingung. Di blog tersebut ga dijelasin detailnya

      Delete
    4. mbak, q juga minta caranya donk... ni alamat email ku syawaludin680@gmail.com

      Delete
  19. ass. mabak tidak mucul pilihan "Create with classic My Maps", gimana cara memunculkanya? tolong di jelaskan.....

    ReplyDelete
  20. tolong mbak krimkan peta kota baubau dan kab.buton secara keseluruhan di alamat arulprasyad13@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Mantap mba rina semoga manfaat buat saya dan rekan rekan yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  22. mba tolong kirimin foto desa cempaka kec bumijawa kab tegal.
    di bungkus ya mba.... heheheeeee

    ReplyDelete
  23. mbak,,bisa minta tolong downloadin citra resolusi tinggi google maps untuk daerah kota Malang se kota Malang mbak,,soalnya di laptopku ndak muncul create my classic maps nya,,
    ini emailku : badrulppmh@gmail.com,,
    terima kasih ya mbak,,

    ReplyDelete
  24. Salam kenal mbak Rina... Saya dawul... iya mbak tidak ada : "Create with classic My Maps" nya .. saya mau ambil citra bungamayang lampung utara.. mohon bantuannya... email : okiz_keren@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. mbak, nggak ada "Create with classic My Maps" nya ..gimana nih?

    ReplyDelete
  27. mbak boleh tanyaa kalau mau tanya saya mau buat sebuah peta gmna kab. pekalongan dengan flash cara unduh peta sluruh kota (misal: kab.pekalongan) tpi klo di-zoom detil jln n gang tetep bsa ada smua, bagaimana carany mohon infonya mba terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dengan pake GMS:
      http://tukangpeta.blogspot.com/2014/11/download-image-google-menggunakan-gms.html

      Delete
    2. okeeh terimakasih mbaak saya coba dulu ^^

      Delete
  28. assalamualaikum..
    mbak,, sy g bisa dwnload pake screengrab...n ga bisa dnload citra resolusi tinggi pake google earth..huhu... saya mau dnload peta pulau biawak yg resolusi tinggi mbak...please help me,,,,huhu ,,,mau minta tolong dnloadin mbak...klo bisa mau kirimin k email elinurlaeli46@gmail.com

    ReplyDelete
  29. sy jg udah nyoba pake digitalglobe g bisa mbak,,d catalognya g muncul...udah nyoba pake GMS jg g bisa,,pake GSMD jg gagal..
    oh iya,,u/ menghilangkan tulisan "saved with google maps saver" pada GMS,tekan aja "about" yg gmbar globe...

    ReplyDelete
  30. mbak rini, gimana cara menggabungkan peta wilayah ya, seperti situsnya khairul itu, atau ada cara lain mbak, karena saya ada kebutuhan mapping wilayah, tapi harus kelihatan jalan jalannya. Mohon bantuan ya mbak, email saya: andi_harapan@ymail.com

    ReplyDelete
  31. setting embed kok sekarang ndak bisa ya

    ReplyDelete
  32. Deal All pembaca TP:

    Mohon maaf untuk cara screengrab ini sementara saya belum menemukan cara dengan tampilan Google Maps yang baru.

    Salam
    Rina

    ReplyDelete
  33. ada koordianat petanya ndk mbak ?

    ReplyDelete
  34. bingung nih mbk tampilan google maps nya baru lg
    gak ada pilihan classic maps nya
    padahal mau donwload citra satu kecamatan donorojo pacitan

    kalo ada info terbaru tlg sy diberitahu mbk
    hsyaifulh@gmail.com

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai GMS (Google Map Server) saja
      http://tukangpeta.blogspot.co.id/2014/11/download-image-google-menggunakan-gms.html

      Delete
  35. Apa hasil dr gbr yg di dpt itu mengandung koordinat asli?.. dan mohon pencerahannya dgn pengaturan sekala mba.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena cuma jpeg, tentu saja tidak berkoordinat. Soal skala, menyesuaikan saja setelah di registrasi citranya

      Delete
  36. Apa hasil dr gbr yg di dpt itu mengandung koordinat asli?.. dan mohon pencerahannya dgn pengaturan sekala mba.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  37. Apa hasil dr gbr yg di dpt itu mengandung koordinat asli?.. dan mohon pencerahannya dgn pengaturan sekala mba.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  38. Tolong dong kirimkan peta makassar sulsel resolusi besar

    ReplyDelete
  39. gan tampilan google maps di browser saya koq gak kayak tampilan punyamu gan, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  40. Selamat siang saya udah nyoba2 kok nggak bisa ya ? Bisa tolong kirimkan sayang gambar jpeg kecamatan sekupang,kota batam dikirim ke email purnamasaridesi5@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete

P O P U L A R