Tuesday 17 November 2015

Download Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) Skala 25K dan 50K di Ina Geoportal

Sejak diluncurkan pada tahun 2011, Ina Geoportal terus mengembangkan platform untuk mendukung terbukanya informasi geospasial di Indonesia. Kita tahu bersama bahwa platform ini dioperasikan oleh Badan Infomasi Geospasial (BIG) dengan alamat http://tanahair.indonesia.go.id.

Sungguh, ini merupakan kemajuan besar bagi kita. Akses informasi semakin terbuka lebar. Masih ingat jaman masih kuliah dulu, kalau mau mencari peta RBI itu susahnya minta ampun. Kalau beli yang versi cetak mungkin lebih mudah. Dan ketika mau menggunakan? Ya harus melakukan digitasi dulu. Sementara kalau mau beli yang versi digital? Duhhh, susah dan mahalnyaaaaaaaaaaaa.....

Ina Geoportal menyediakan fasilitas download peta RBI skala 25K dan 50K. Sebagai contoh seluruh Pulau Jawa sudah tercover oleh peta dengan skala 1 : 25.000. Sementara itu seperti Pulau Sumatera dan Kalimantan baru tercover peta dengan skala 1 : 50.000. 

Sebagai gambaran, berikut cara mendownloadnya:

Setelah membuka portal  http://tanahair.indonesia.go.id, pilihlan ikon Download Peta RBI


Kemudian sebagai contoh saya akan mendownload Peta RBI Penutupan Lahan dengan skala 25K





Kita diwajibkan mengisi data pribadi untuk setiap satu kali download

Pilih area menggunakan salah satu tools yang disediakan. Saya lebih suka pakai tools Polygon. Sebagai contoh saya akan mendownload wilayah seputar Kota Cilacap, Jateng.


Pilih tipe file yang akan diunduh


Klik Proses Data, tunggu hingga muncul perintah Save File As. Dan tadaaaaaaa.....data digital format shapefiles sudah bisa ditampilkan dengan cantik


Untuk melengkapi data RBI bisa dilengkapi dengan mendownload layer lainnya. Seperti Layer jalan, hidrologi, toponimi dll.


Happy Download
XoXo
Tukang Peta

21 comments:

  1. saya udah cooba utuk dnlod kok eror ya gan.,

    ReplyDelete
  2. maaf mas ini datanya tahun brapa ya mas ? trimakasih buat infonya sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu data punya BIG alias Bakosurtanal, sepertinya tiap wilayah bisa beda tahun. Karena belum semua diupdate

      Delete
  3. mas view peta nya pake apa sih? formatnya saya gak paham itu *shp itu apaan hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. shp itu shapefile, format data yang bisa dibaca oleh software pemetaan seperti ArcGIS

      Delete
  4. saya coba download yg format CAD, sukses tapi pas dibuka filenya malah dibilang file DWG nya di savenya ga pake produk asli CAD...

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. mau cari peta kota padang skala 1:25000 dan ada koordinatnya gimana ya ?

    mau buat hazard map

    ReplyDelete
  7. mas, kok pas di download file nya cuma 4 kb dan gak bisa di buka?

    ReplyDelete
  8. Mas saya mau download peta RBI keseluruhan sekitar gunung sumbing gimana ya
    udah saya download tapi ga bisa dibuka

    ReplyDelete
  9. Mas saya mau download peta RBI keseluruhan sekitar gunung sumbing gimana ya
    udah saya download tapi ga bisa dibuka

    ReplyDelete
  10. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  11. Blog Anda bagus sekali Ibu Rina, silahkan mampir ke blog saya belajargeografisma.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  12. Yang memerlukan peta digital topografi, bisa kontak saya, mudah2an bisa bantu. Trims.

    ReplyDelete
  13. Dedi saya lagi butuh peta kontur kabupaten Sorong Selatan,Papua barat,tolong bang Dedy

    ReplyDelete
  14. Lebih enak pakai hasil digitasi RBI karena cakupannya se-Indonesia dan atributnya rapi. Repot donlot dari tanah air karena atribut nggak sesuai kebutuhan, sekalipun atribut sesuai harapan fieldnya sangat minim informasi, mirip data OSM yang belum bisa langsung pakai untuk analisis.

    ReplyDelete

P O P U L A R