Wednesday 12 November 2014

Ngintip Image Hires di HERE MAPS

Gegara ada teman yang minta dibantuin cari peta penggunaan lahan di beberapa desa di Pulau Siberut Sumatera Barat, untuk keperluan tesisnya, jadilah saya putar-putar search engine di google. Ketersediaan data landcover untuk Pulau Siberut sebenarnya ada. Namun data yang dipakai adalah data Landsat 5 TM (dengan resolusi spasial 30 meter) dan ALOS Avnir-2 (dengan resolusi spasial 10 meter). Sementara yang dibutuhkan oleh teman saya itu adalah data kenampakan "ladang sagu".


Untuk di beberapa wilayah, kenampakan image hires di Google Earth sudah bisa diandalkan. Namun tidak untuk Pulau Siberut. Citra Satelit Landsat 8 aja full awan sepanjang tahun 2014 ini. Dan dari dulu Pulau Siberut emang terkenal full awan di berbagai jenis citra satelit.


 
Jreng jreng jreng....ternyata ada image hires di HERE.COM untuk beberapa lokasi di Pulau Siberut (maap kalau penemuan saya ini tergolong kuper). Yang pasti saya jadi hepi karena nemu alternatif. Cuma sayangnya saya belum nemu cara download macam "screengrab" di Google Maps. Jadinya deh saya capture manual satu persatu lalu menjahitnya secara manual juga.

Sebagai bukti perbandingan lihatlah gambar dibawah ini. Lokasi sama di Muara Siberut. Google Maps masih belum ada update dan masih Hires yang kurang bagus, sementara di Here Maps sudah ada update hires-nya yang lebih oke, clear awan pula. Mantab bukan?


Menjahit (mozaik) manual image capture-an ini sebenarnya kurang oke kalau dilihat dari segi ketelitian koordinat. Namun demikian karena image hires ini hanya untuk keperluan survey lapangan, menurut saya walau tidak terlalu presisi gak ada masalah. Kan nanti di lapangan bisa di cek koordinat aslinya.


Selamat memanfaatkan! Oiya, Here Maps ini punyanya Nokia lho, jadi janganlah memandang sebelah mata sama Nokia yah!

Salam Peta
XoXo
Tukang Peta

5 comments:

  1. Huwoo.. Mbak Rina ngeblog juga.. haa..
    jadi panduaaan, kalo ada susah nanti saya berguru yaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, isi blog-nya cuman hal2 simple aja kok Fit, ini dibikin juga biar kalau lupa ngerjain sesuatu tinggal membuka blog sendiri.

      Delete
  2. HERE juga tersedia untuk Android ...
    http://biartau.com/nokia-meluncurkan-aplikasi-peta-untuk-android/

    ReplyDelete
  3. download nya pake software SAS aja Bu.

    ReplyDelete

P O P U L A R