Friday 2 May 2014

Download Landsat 8 Melalui Glovis USGS

Sebelumnya saya pernah menuliskan cara mendownload Landsat 8 menggunakan Landsat Look Viewer DISINI. Ada cara lainnya yang menurut saya lebih mudah dan praktis. Yaitu melalui GLOVIS. Lebih mudah karena kita bisa secara langsung melihat previewnya.

Berikut caranya:

1. Buka website Glovis di http://glovis.usgs.gov/. Pastikan anda sudah meng-install Software Java dan sudah memiliki akun di USGS


2. Cek ketersediaan data di Scene Information. Lihat juga detail informasinya, seperti prosentase tutupan awan dan tanggal akuisisi. Pastikan ada tulisan "Downloadable" di pojok kiri atas. Sebagai contoh saya akan mendownload sebagian wilayah Lampung.





3. Untuk mengetahui penampakan yang lebih jelas bisa di lihat dengan memilih "Resolution" Pilihlah Resolusi 240m



4. Klik Add - Send to Chart. Sign - In
 

5. Klik di tanda DOWNLOAD yang ada


 6. Akan muncul berbagai pilihan download. Jika ingin mendapatkan data mentah aslinya, pilihlah yang Level 1.


7. Save File. Tunggu proses mendownload hingga selesai.



Tamat. Salam Peta dan Have a Nice Weekend, Guys.

5 comments:

  1. Replies
    1. Sama-sama, ikut senang jika bermanfaat.

      Salam

      Delete
  2. makasih om, membantu saya dalam mapping project..nice

    ReplyDelete
  3. Coba dulu ahhh, dimana saya bisa unduh Encom Discover 6?
    Terima kasih bantuannya.

    ReplyDelete
  4. sangat bermanfaat, terima kasih

    ReplyDelete

P O P U L A R