Wednesday 8 January 2014

Pan-Sharpening Landsat 8 Menggunakan ArcMap

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Landsat 8 memiliki 11 band. Diantaranya band Visible, Near Infrared (NIR), Short Wave Infrared (SWIR), Panchromatic dan Thermal. Lengkapnya sudah pernah saya bahas sebelumnya di Kombinasi Band untuk Landsat 8. Band 1,2,3,4,5,6,7 dan 9 mempunyai resolusi spasial 30 meter,  band 8 mempunyai resolusi spasial 15 meter, sementara band 10 dan 11 resolusi spasialnya 100 meter.

Untuk memaksimalkan data Landsat 8, penggabungan antara resolusi 30 meter menjadi 15 meter sangatlah bermanfaat. Terutama untuk mempertajam obyek dalam melakukan analisis visual. Ini yang sering disebut proses Pan-Sharpening. Pada umumnya proses ini sering dilakukan di software Remote Sensing seperti ERDAS, ENVI atau Er Mapper. Bagi yang tak mempunyai software tersebut tak perlu risau dan kawatir. Karena proses ini bisa dilakukan di ArcGIS.

Sebagai contoh, saya melakukan pan-sharpening Landsat 8 untuk sebagian wilayah papua. Berikut caranya:
1. Buka ArcMap. Buka ArcToolBoox - Data Management Tools - Raster - Raster Processing - Create Pan-sharpened Raster Dataset

2. Dalam kotak dialog ini perhatikan beberapa hal berikut :




a. Input Raster : Masukkan file multi-band yang sudah di komposit. File ini merupakan hasil komposit band beresolusi rendah yaitu 30 meter. Cara komposit band juga sudah pernah saya bahas di RGB Composite Bands Landsat 8 di ArcMap. 
b. Red Channel, Green Channel dan Blue Channel (RGB). Rumusan RGB ini disesuaikan kebutuhan kita. Sebagai contoh saya memakai RGB 432 untuk Natural Color. Rumusan soal RGB saya bahas di Kombinasi Band untuk Landsat 8. 
c. Output Raster Dataset, beri nama file hasil dan pilih akan ditaruh di folder mana
d. Panchromatic Image, ambil file band 8 yang mana band panchromatic beresolusi 15 meter
e. Pan-sharpening Type; bisa dicoba-coba perbedaan hasilnya
f. Terakhir klik OK.

3. Tunggu prosesnya sampai 100 %


 4. Bandingkan hasil sebelum dan sesudah dilakukan pan-sharpening. Tampak berbeda. Hasil pan-sharpening lebih soft dan tajam warnanya karena sudah bersolusi spasial 15 meter.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Salam Peta

3 comments:

  1. kok bisa ya yang red chanelnya diset 4, punya saya maksimal cuma 3, arc gis 10

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum melakukan pansharp, apakah semua band ada (band 1,2,3,4,5,6,7,dan 9) dan tersedia?atau hanya ada 3 band aja?

      Delete
  2. apa bisa pansharpening digunakan untuk band termal 10 dan 11?

    ReplyDelete

P O P U L A R