Saturday 10 January 2015

Membagi Peta/Image/Citra Ke Dalam Grid Yang Kita Tentukan Menggunakan ET Geowizards

Sebagai tulisan pertama di 2015 ini saya ingin mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU 2015. Semoga kenyamanan dan kemakmuran selalu berpihak pada saya dan semua pembaca Tukang Peta. Amin. Mohon maaf baru bisa terbit karena banyaknya kegalauan di akhir tahun lalu sehingga belum sempat tengok-tengok blog *hayah malah curhat*.

Ada pembaca blog Tukang Peta yang menanyakan bagaimana caranya membagi sebuah peta kedalam grid yang sama atau dengan kata lain mencacah peta kedalam pecahan yang sama menggunakan besaran grid yang kita inginkan. Jujur saya juga bingung.

Berdasarkan info dari youtube ini (https://www.youtube.com/watch?v=yvAB1ZBp0IM) bangkitlah semangat saya untuk nge-blog lagi. Dalam video youtube tersebut dijelaskan dengan gamblang bagaimana caranya memecah polygon berformat shapefile menggunakan grid yang ditentukan besaran koordinatnya. Jelas dan mudah diikuti.

Nah, lalu gimana ceritanya kalau yang mau kita pecah itu file citra satelit/image? Bedasarkan hasil coba-coba saya berikut langkah-langkah praktisnya:

1. Tentukan file image yang ada dipecah. Sebagai contoh disini saya punya file citra landsat 7 sebagian wilayah Sumatera Utara.

2. Download dan install ET Geowizards Extension (sesuaikan dengan seri ARCGIS anda)


3.Munculkan extension ET Geowizard dalam ArcMap




4. Munculkan file image yang ada. Buatlah sebuah polygon yang luasnya sama dengan luas image (panjang dan lebar). Pastikan polygon tersebut mempunyai sistem koordinat yang sama dengan image yang akan kita cacah. Sebagai contoh image yang saya gunakan adalah ber-koordinat UTM 47N. Saya buat kotak polygon bernama kotak_utm47N


5. Klik tool ET Geowizards. Carilah tool VECTOR GRID. Masukkan shapefile kotak_utm47N. Beri nama dan tentukan lokasi output. Disini saya akan membuat grid dengan rentang 100 km x 100 km (100.000 meter x 100.000 meter). Saya beri nama grid1000000.


6. Pilih tipe grid yang POLYGON.


7. Isi cell size dalam meter : X = 100.000 dan Y=100.000


8. Jreng...jreng....terciptalah 9 grid dengan luas 100 km x 100 km


9. Dalam kasus shapefile vs shapefile, intersect (penggabungan) antara 2 file polygon mudah dilakukan (seperti yang ada dalam video youtube). Untuk kasus pencacahan image ini saya belum menemukan cara yang cepat dan praktis yang bisa dilakukan sekali proses. Kalau ada ide dari pembaca TP saya sangat senang menerimanya. Cara yang baru terlintas dalam otak saya adalah memecahnya per-grid. Rempong ya?Please kalau ada cara lain saya dikasih tahu.

10. Aktifkan EDITOR. Start Editing. Aktifkan file grid1000000. Klik bagian grid yang akan dipotong, Save As sebagai file polygon yang berdiri sendiri.


10. Jalankan fungsi CLIP pada Raster Processing.


11. Terpisahlah image sesuai potongan grid 


Bersambung kalau ada ide lanjutan.....
Salam Peta

8 comments:

  1. Kang mau tanya nih....saya pny data ketinggian ( x,y,z,Omega,phi,kappa) format txt....untuk dijadikan bentuk gambarny
    gmn y...?

    ReplyDelete
  2. Kang mau tanya nih....saya pny data ketinggian ( x,y,z,Omega,phi,kappa) format txt....untuk dijadikan bentuk gambarny
    gmn y...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh mohon maaf, saya ilmunya belum sampai kesitu

      Delete
  3. terima kasih buat tutorialnya, sangat membantu :)

    ReplyDelete

P O P U L A R