Thursday 6 March 2014

Konversi data KML Menjadi Shapefile (KML to SHP) Menggunakan DNR Garmin

Ada kalanya kita mendapatkan data spasial yang mempunyai format KML, yaitu format data yang bisa dibuka menggunakan Google Earth. Untuk menampilkan data KML ke dalam ArcMap harus dikonversi dahulu menjadi data SHP. Ada beberapa cara untuk melakukan konversi KML to SHP. Sepanjang yang saya tahu diantaranya adalah :

1. Bisa langsung dilakukan di ArcGIS 10.x (kapan-kapan saya tuliskan caranya)
2. Menggunakan ekstensi KML_to_SHP untuk ArcGIS 9.2.x
3. Menggunakan software online kml2shp

Kemaren saya mencoba menggunakan cara ke 2 dan 3, namun GAGAL!  Alhasil saya iseng memanfaatkan keberadaan software DNR Garmin. Ternyata BERHASIL! Dan langkahnya juga lebih simpel. Caranya :

1. Download data KML yang tersedia. Sebagai contoh saya mendownload data Tutupan Lahan wilayah Jawa Timur yang ada di WebGIS Kehutanan
2. Buka data KML di Google Earth. Klik kanan, Save Place As.



3. Buka DNR Gramin. Klik File - Load From - Google Earth - My Places.


4. Akan muncul file Tutupan Lahan per Value. Klik salah satunya. OK


 
5. Tunggu proses download datanya sampai selesai. (Proses ini tergantung besarnya file yang akan di download. Makin besar file makin lama waktu downloadnya)



6. Klik File - Save To - ArcMap - File


7. Pilih Polygon shape type. Kalau datanya berupa titik ya pilihlah point


8. Data sudah bisa langsung ditampilkan di ArcMap!



Kelemahan menggunakan DNR Garmin ini adalah dibutuhkannya waktu lama dalam melakukan download file. Selain itu jika dalam satu file terdapat beberapa values, harus didownload satu-persatu. Seperti contoh yang saya lakukan. Saya harus mendownload masing-masing values tutupan lahan.

DNR Garmin bisa didownload DISINI.

Salam Peta

2 comments:

  1. Where can i download the official polygons of national parks and protected areas of Indonesia?.
    Thanks

    Fran

    ReplyDelete
  2. Kunjungi juga
    http://mapsgps.blogspot.com/
    untuk sharing informasi

    ReplyDelete

P O P U L A R